Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi 2018/2019

530 views

PendaftaranOnline.co.id Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi 2018/2019 – Program Beasiswa Bidik Misi merupakan salah satu program Beasiswa yang diberikan oleh perintah melalui RistekDikti untuk membantu mahasiswa yang miskin agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan harapan pendidikan yang sudah ditempuh akan memutus rantai kemiskinan pada keluarga, Beasiswa Bidik Misi sudah terbukti mampu membawa ratusan ribu anak Indonesia mencapai cita-cita berkuliah tanpa harus membayar karena semua akomodasi dan pembiayaan terkait dengan perkuliahan sudah ditanggung oleh perintah.

Harapan pemerintah melalui Program Beasiswa Bidik Misi agar tepat sasaran dan benar-benar bisa bermanfaat jangan sampai program yang digagas ini salah sasaran dan disalah gunakan oleh sebagaian kelompok untuk mendapatkan keuntungan, seperti contoh mereka yang mendapatkan program beasiswa bidik misi adalah mereka yang berasal dari keluarga ekonomi sedang dan tidak tergolong kurang mampu.

 

Hal semacan inilah yang bisa membuat program beasiswa bidik misi salah sasaran, sejauh ini memang beasiswa bidik misi sudah menunjukan prospek yang baik bahkan Beasiswa Bidik Misi menjadi salah satu program unggulan yang paling dicari oleh siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tidak hanya negeri kampus swasta turut serta dalam program beasiswa bidik misi namun tidak semua kampus swasta dipercaya untuk menyelenggarakan program bidik misi.

Kampus yang sudah memiliki predikat sangat baik dan dipercaya oleh RistekDikti saja yang bisa menyelenggarakan program beasiswa bidik misi, untuk program beasiswa bidik misi perguruan tinggi negeri dibuka seluruhnya, sementara untuk Politeknik Negeri juga sama mendapat jatah dari RistekDikti untuk menyelenggarakan Program Bidik Misi. Untuk PTKIN sendiri program beasiswa Bidik Misi berkordinasi dengan Kemenag.

Tidak terbuka secara tertulis seandainya siswa mendaftar bidik misi melalui jalur PTN Nasional atau Bersama tidak diizinkan untuk memilih kampus PTKIN berbasi UIN atau IAIN karena untuk program bidik misi tidak ada prosedur masing-masing, sebab untuk PTKIN dibawah kementerian agama bukan KemenristekDikti bisa dibilang beda jalur, namun program beasiswa bidik misi masih bisa didapat dinikmati untuk kampus PTKIN melalui seleksi undangan kampus.

Dari beberapa rangkain mengenai Program Beasiswa Bidik Misi sudah jelas kampus mana saja yang berpatner dengan Beasiswa Bidik Misi, melalui informasi ini admin akan memberikan beberapa ulasan mengenai proses dan mekanisme pendaftaran Beasiswa Bidik Misi untuk semua kampus baik itu PTN, PTS, dan Politeknik, sementara untuk jalur seleksi Beasiswa Bidik Misi meliputi SNMPTN, SBMPTN, PMDK, UMPN, Jalur Mandiri PTN, Jalur Mandiri PTS untuk lebih jelas berikut kami berikan secara rinci mengenai Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi.

 

Pendaftaran Sekolah Beasiswa Bidik Misi.

Untuk Jalur undangan Beasiswa Bidik Misi memerlukan entri data dan rekomendasi dari sekolah tugas sekolah adalah mendaftarkan siswanya melalui situs resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ kemudian memilih login sekolah untuk mengisi semua PDSS terkait dengan siswa sampai proses ini selesai siswa yang bersangkutan tidak akan bisa melakukan proses pendaftaran, baru setelah sekolah memberikan login berisi username dan password baru bisa melakukan pendaftaran. Hanya sekolah saja yang bisa melakukan entri data terkait dengan Beasiswa Bidik Misi SNMPTN, PMDK-PN, Mandiri PTN undangan, Mandiri PTS Undanga.

 

Pendaftaran Siswa Beasiswa Bidik Misi.

Untuk proses pendaftaran yang bisa dilakukan oleh peserta bagi yang mengikuti jalur undangan silahkan gunakan login yang sudah diberikan sekolah untuk melengkapi semua data pendaftaran Bidik Misi melalui situs yang sama http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ kemudian memilih login untuk siswa. Sementara untuk siswa yang memilih jalur ujian tertulis seperti SBMPTN, UMPN, Mandiri PTN tertulis, Mandiri PTS Tertulis bisa melakukan pendaftaran Bidik Misi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk jadwal lengkapnya dapat dilihat melalui situs resmi Bidik Misi.

 

Pendaftaran SNMPTN Peserta Bidik Misi.

Setelah peserta melakukan pendaftaran umum jangan lupa untuk memilih seleksi SNMPTN bagi yang ingin mengikuti seleksi undangan ini kemudian ikuti semua prosedur pendaftaran sampai dengan selesai, akhir dari pendaftaran siswa akan mendapatkan PIN dan KAP yang akan digunakan untuk verifikasi, kemudian peserta wajib melakukan pendaftaran melalui situs resmi web.snmptn.ac.id kemudian mengikuti proses pendaftaran SNMPTN sampai selesai jangan lupa untuk masukan PIN dan KAP saat verifikasi khusu Peserta Bidik Misi SNMPTN, jika sudah tinggal tunggu jadwal cetak kartu.

 

Pendaftaran Seleksi Mandiri PTN Peserta Bidik Misi.

Ada dua seleksi Mandiri PTN yang dibuka oleh kampus  Undangan dan Tertulis, pelaksanaan jalur Mandiri terpisah tidak seperti jalur SNMPTN yang dikumpulkan pada satu situs tetapi untuk jalur Mandiri siswa yang ingin mendaftar bisa menuju situs resmi masing-masing kampus, seperti yang telah dijelaskan bahwa untuk jalur undangan Seleksi Mandiri PTN melalui rekomendasi sekolah yang sudah ditentukan, kemudian untuk jalur seleksi mandiri PTN tertulis bisa dilakukan pendaftaran secara peseorangan. Ada perbedaan jika undangan tidak dipungut biaya sementara tertulis dipungut biaya pendaftaran, PIN dan KAP yang telah diperoleh digunakan untuk verifikasi sebegai peserta SBMPTN Seleksi Mandiri PTN.

 

Pendaftaran PMDK-PN Peserta Beasiswa Bidik Misi.

PMDK PN merupakan salah satu seleksi penelusuran minat dan kemampuan politkenik negeri, jika anda memilih jalur seleksi ini dan kebetulan mendapatkan rekomendasi anda juga bisa sekaligus minta diusulkan untuk Bidik Misi Proses awal tidak bisa dilakukan secara sendiri harus melalui sekolah setelah siswa meneriman login maka baru bisa melakukan pendaftaran, untuk PIN dan KAP yang telah diperoleh digunakan untuk melakukan verfikasi pendaftaran melalui situs remsi Pmdk.Politeknik.or.id secara online dan ikuti sampai dengan selesai.

 

Pendaftaran SBMPTN Peserta Beasiswa Bidik Misi.

Jika anda berniat untuk mengikuti pendaftaran Beasiswa Bidik Misi melalui seleksi bersam tertulis PTN melalui SBMPTN pelaksanaan pendaftaran dilakukan secara terbuka dan bisa secara mandiri, silahkan melakukan pendaftaran melalui situs resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ selanjutnya ikuti prosesdur dan panduan yang ada dan lakukan pendaftaran sampai dengan selesai apabila sudah selesai ditandai PIN dan KAP yang membuktikan anda terdaftar sebagai peserta Bidik Misi SBMPTN. Kemudian silahkan lakukan registrasi melalui Pendaftaran.SBMPTN.ac.id  pilih pendaftaran peserta bidik misi yang sudah memiliki PIN dan KAP kemudian lakukan pendaftaran sampai dengan selesai.

 

Pendaftaran Seleksi Mandiri PTS Peserta Bidik Misi.

Jika anda menginginkan mengikuti Seleksi Mandiri PTS untuk program Bidik Misi maka anda harus memilih kampus PTS yang menyelenggarakan kegiatan Program Beasiswa Bidik Misi karena tidak semua kampus tersedia program Bidik Misi, hanya kampus PTS terbaik saja yang dipercaya menyelenggarakan kegiatan program Bidik Misi, setelah itu anda harus memilih jalur seleksi karena untuk PTS tidak hanya jalur Tertulis saja melainkan undangan juga tersedia, untuk jalur undangan mengacu pada pola rekomendasi, sementara bagi peseorangan bisa mendaftaran secara umum melalui situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ dan memilih seleksi Mandiri PTS. Setelah itu melakukan kompirmasi pendaftaran baik secara online melalui masing-masing situs resmi kampus PTS atau langsung datang kekampus ikuti prosedurnya sampai dengan selesai.

 

Pendaftaran UMPN Peserta Beasiswa Bidik  Misi.

UMPN merupakan seleksi ujian masuk politeknik negeir yang dibuka melalui ujian tertulis dan peserta yang mengikuti seleksi ini bisa mendaftar Beasiswa Bidik Misi melalui situs resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ ikuti sampai dengan selesai setelah melakukan pendaftaran peserta harus melakukan verifikasi dengan mendaftar kembali jalur UMPN dari kampus Politeknik Negeri yang dipilih selanjutnya kunjungi situs resmi lakukan pendaftaran secara online pada form pendaftaran silahkan verfikasi sebagai peserta Bidik Misi ikuti sampai dengan selesai.

 
Bagi peserta yang mendapatkan kesempatan mengikuti ujian undangan proses pendaftaran Beasiswa Bidik Misi dilakukan melalui tahap pendaftaran sekolah baru kemudian siswa melakukan pendaftaran sesuai dengan jalur yang dipilih, sementara untuk yang mengikuti pendaftaran khusus jalur ujian tertulis bisa mendaftar peserta bidik misi secara perseorangan, proses keduanya tidak mudah dilakukan karena harus detil dalam pengisian apabila semua sudah selesai untuk jalur undangan tinggal menunggu hasil sama seperti jalur umum.

Sementara untuk ujian tertulis harus diikuti sampai dengan selesai status beasiswa akan diterima oleh peserta secara otomatis apabila sudah lulus dari salah satu jalur masuk dengan catatan terdaftar sebagai peserta bidik misi, jika kalian dinyatakan lulus silahkan ikuti dan lengkapi berkas pendaftaran ulang, untuk ketentuan beasiswa yang akan diterima adalah mencapai 100 persen biaya pendidikan ditanggung bidik misi.

Untuk penyaluran beasiswa sudah jelas sebelum anda lulus sudah mengisi rekening yang dipergunakan untuk menerima dana Beasiswa Bidik Misi nantinya uang akan masuk melalui rekening, sebagian dari kampus transfer Beasiswa Bidik Misi bulanan sementara sebagian lagi transfer persatu semester. beasiswa yang diberikan bisa untuk bayar kost atau rusunawa, kemudian biaya makan perbulan, dan bayaran persemester.

Dari pembayaran itu biasanya masih ada sisa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti membuat tugas, kemudian beberapa biaya tidak terduga lainnya. Diharapkan mahasiswa yang sudah menerima beasiswa bidik misi harus lulus tepat waktu S1 delapan semester maksimal, kemudian untuk jenjang diploma disesuaikan. Apabila dari batas waktu yang telah ditentukan ternyata Mahasiswa tidak lulus maka status beasiswa akan dicabut mahasiswa harus membayar uang kuliah sendiri bahkan sampai ada yang harus mengembalikan beasiswa yang telah diterima. Semoga infomasi diatas bisa bermanfaat.

Tags: #BEASISWA BIDIK MISI